Dengan Ilmu Semua Terlihat Mudah

Tata Tertib

TATA TERTIB PERPUSTAKAAN
SD NEGERI INTI JOMBLANGAN YOGYAKARTA

A.JAM BUKA PERPUSTAKAAN
Senin – Kamis   : 07.15 – 13.00  WIB
Jumat – Sabtu   : 07.15 – 12.00 WIB

B.PELAYANAN PEMAKAI SIRKULASI
( Peminjaman dan Pengembalian Pustaka )
Senin – Kamis   : 07.15 – 16.30 WIB
Jumat – Sabtu    : 07.15 – 15.30 WIB
( Ruang Baca dan Referensi )
Senin – Kamis   : 07.15 –  17.00  WIB
Jumat –  Sabtu   : 07.15 –  16.00 WIB

C.PEMAKAI PERPUSTAKAAN (USERS)
1.Civitas Akademika SD N Jomblangan Yogyakarta
2.Alumni SD N Jomblangan Yogyakarta
3.Anggota Tamu

D.SYARAT-SYARAT KEANGGOTAAN
1. CIVITAS AKADEMIKA
a.Status Civitas Akademika AKTIF pada SD Jomblangan Yogyakarta.
b.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
c.Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm.

2. ALUMNI
a.Rekomendasi dari Kepala Sekolah
b.Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm
c.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
d.Membayar Uang Pendaftaran Rp. 10.000/tahun

3. ANGGOTA TAMU
a.Membawa surat Rekomendasi dari Instansi  yang bersangkutan.
b.Membayar Uang Pendaftaran Rp. 10.000/tahun
c.Menyerahkan Uang Deposit (titipan) Rp. 20.000,-
d.Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm.
e.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
f.Fotokopi identitas KTP/SIM yang masih berlaku.

E.LAYANAN DAN FASILITAS


1.Layanan Sirkulasi,untuk :
a.peminjaman koleksi
b.perpanjangan pinjamanc.pengembalian koleksi
2.Layanan Komputer katalog,berfungsi untuk mencari koleksi yang diperlukan dengan bantuan petugas.
3.Layanan fotokopi,untuk koleksi referensi dan koleksi khusus yang tidak bisa dipinjam keluar.
4.Fasilitas Ruang baca dan ruang koleksi
5.Fasilitas Ruang Referensi
6.Fasilitas Ruang Internet,dengan aturan secara terpisah dari perpustakaan

F.ATURAN DAN KETENTUAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN
F.1.KEWAJIBAN PENGUNJUNG


1.Memasuki perpustakaan dengan tertib melalui pintu yang telah ditentukan.
2.Wajib mengisi daftar hadir melalui buku pengunjung,saat hadir di perpustakaan.
3.Wajib menjaga sendiri barang bawaan dengan baik,segala kehilangan di dalam ruangan perpustakaan bukan menjadi tanggung jawab petugas perpustakaan.
4.Pengunjung wajib bersepatu dan  berpakaian rapi,(baju dimasukkan  pada rok/celana dan tidak memakai kaos oblong/tanpa krah).
5.Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan.
6.Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan (bagi yang membawa HP harap suaranya dimatikan).
7.Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas dan sesama pengunjung perpustakaan.

F.2.PERATURAN PEMINJAMAN
1.Peminjam harus mempunyai Kartu Pelajar / Kartu Anggota Perpustakaan, Kartu Anggota bagi Anggota Tamu yang masih berlaku.
2.Untuk kepentingan Peminjaman Pustaka,Kartu Anggota tidak boleh dipinjamkan/ dipergunakan orang lain/ diwakilkan.
3.Siswa Kelas Internasional dan Akselarasi berhak meminjam sebanyak 2(dua) eksemplar selama 1 (satu) minggu,dan Siswa kelas reguler 2 eksemplar selama 1 minggu.
4.Anggota Tamu dan Alumni  berhak meminjam sebanyak 1 (satu) eksemplar selama 1 (satu) minggu.
5.Karyawan Non Edukatif berhak meminjam sebanyak 2 (dua) eksemplar selama 1 (satu) minggu.
6.Staf Pengajar/ Guru berhak meminjam sebanyak 5 (lima) eksemplar selama 2 (dua) minggu.
7.Asisten Guru dan Guru Tidak Tetap berhak meminjam sebanyak 3 (tiga) eksemplar selama 2 (dua) minggu.
8.Perpanjangan waktu peminjaman dapat dilakukan sebanyak 1 (satu) kali, dengan mengingat situasi dan kondisi.
9.Peminjam wajib mengembalikan Pustaka yang dipinjam tepat pada waktunya atau sebelum batas waktu habis.
10.Peminjam wajib menjaga agar Pustaka yang dipinjam tetap bersih dan utuh, tidak membuat coretan-coretan
11.Pustaka yang hilang atau rusak karena kelalaian peminjam, peminjam wajib mengganti dengan pustaka yang sama atau dengan uang seharga pustaka yang berlaku terakhir.
12.Proses Peminjaman dan Pengembalian Pustaka dilakukan dengan Komputer, maka data yang diberlakukan/diakui adalah data dari komputer.
G.PEMINJAMAN BAHAN PUSTAKA


1.Buku-buku Referensi ( kode R ) seperti : Almanak dan buku tahunan; Buku pegangan dan manual; Direktori; Ensiklopedi; Kamus; Sumber biografi; Sumber Geografi; Bobliografi; Indeks dan Abstrak; Lembaran Negara; Gazetter (Kamus ilmu bumi), tidak boleh dipinjam untuk dibawa pulang, tetapi hanya boleh dibaca di Ruang Baca.
2.Bahan Pustaka Karya Ilmiah : Disertasi, Thesis, Skripsi, Laporan Kerja, hanya boleh dibaca di Ruang Perpustakaan, dan tidak boleh di fotokopi.
3.Buku-buku Paket, yakni buku-buku anjuran atau wajib yang ditetapkan guru untuk dipakai oleh siswa yang berkepentingan pada bidangnya, buku ini bisa dipinjam selama 1(satu) semester atau 1 (satu) tahun sesuai dengan jenis bukunya.
4.Bahan Pustaka penunjang : buku karya umum,buku bacaan,buku-buku penunjang pelajaran boleh dipinjam keluar perpustakaan .
5.Jurnal, Majalah,Surat Kabar dan,Kliping hanya boleh dipakai di Ruang Perpustakaan.
6.Pemakaian bahan pustaka tersebut di luar Perpustakaan harus mendapat ijin dari Staf Perpustakaan.
7.Bahan-bahan Pita Kaset/VCD hanya boleh dipakai di Ruang Perpustakaan.

H.PENAGIHAN
Apabila terlambat mengembalikan bahan pustaka  akan dilakukan penagihan
1.Penagihan tahab ke-1 setelah 3 hari dari jatuh tempo mengembalikan.
2.Penagihan tahab ke-2,yaitu setelah 3 hari dari penagihan tahab ke-1
3.Penagihan tahab ke-3,yaitu setelah 1 minggu setelah penagihan tahab ke-2
apabila dalam jangka waktu sampai penagihan tahab ke-3 tidak juga mengembalikan maka anggota akan dikenakan sanksi berupa tidak boleh meminjam buku selama sama dengan waktu keterlambatannya.

I.SANKI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN PINJAMAN
Apabila terlambat mengembalikan pinjaman Pustaka :
1.Buku Paket, dengan dikenakan denda sebesar Rp. 100,- per hari per buku.
2.Buku Referensi, dengan kode “R” dikenakan denda sebesar Rp. 1.000.- per buku per hari.
3.Buku Penunjang, dikenakan denda Rp. 200,- per hari per buku.
4.Majalah dan Surat Kabar dikenakan denda Rp.1.000,- per hari

J.SURAT BEBAS PERPUSTAKAAN
Syarat-syarat mendapatkan Surat Bebas Perpustakaan sebagai berikut :
1.Berlaku wajib untuk semua siswa,pindah atau keluar.

K.LAIN – LAIN
1.Setiap memakai pustaka untuk  di fotokopi, harus dicatatkan pada petugas dan meninggalkan kartu anggota.
2.Hal-hal yang belum termuat dalam tata tertib ini akan ditentukan kemudian.
3.Tata tertib ini berlaku mulai tanggal ditetapkannya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: